Home » Proyek Tingkat 1

Proyek Tingkat 1

Definisi

Mata kuliah Proyek Tingkat I adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar dapat mencapai kompetensi pada tingkat I melalui kerja nyata berupa pengerjaan Proyek dengan spesifikasi Proyek sesuai dengan kompetensi mahasiswa Tingkat I atau selevel Diploma I.

Sasaran Kompetensi

Sasaran kompetensi sebagai berikut :
1.Mampu melaksanakan serangkaian tugas spesifik, dengan menerjemahkan informasi dan menggunakan alat berdasarkan sejumlah pilihan prosedur kerja, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur, yang sebagian merupakan hasil sendiri dengan pengawasan tidak langsung.
2.Memiliki pengetahuan operasional yang lengkap, prinsip‐prinsip serta konsep umum yang terkait dengan fakta bidang keahlian tertentu, sehingga mampu menyelesaikan berbagai masalah yang lazim dengan metode yang sesuai.
3.Mampu bekerja sama dan melakukan komunikasi dengan baik dalam lingkup kerjanya.
4.Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas hasil kerja orang lain

Targetan Proyek Tingkat I

  1.Bentuk Proyek
Berdasarkan komposisi mata kuliah yang di dapatkan mahasiswa pada tingkat 1, maka bentuk proyek yang dapat dilakukan pada tingkat I adalah berfokus pada proses pendigitalisasian data yang selanjutnya dilakukan pengolahan sederhana terhadap data terdigitalisasi tersebut.
  2.Softskill
Pada proyek tingkat I, Mahasiswa mendapatkan pengalaman pertama dalam menyelesaikan sebuah proyek, sehingga softskill yang harus terbangun selama pengerjaan proyek tingkat berkisar dalam diharapkan terjadi penanaman dan pengasahan softskill berikut :
1.Mampu mengkomunikasikan pendapat ke orang lain
2.Mampu memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi disekitar
3.Mampu mengelola waktu dengan baik
4.Mampu bekerja sesuai dengan target
5.Mampu bekerja sama dalam tim

Mata Kuliah Pendukung Proyek Tingkat I

Matakuliah inti sebagai pendukung pelaksanaan Proyek Tingkat I adalah : Praktikum Aplikasi