Keuntungan Teknologi Blockchain

Keuntungan Teknologi Blockchain

Teknologi blockchain hampir mengambil alih pembangunan sistem yang ada  karena dapat menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar

Mereka yang yang pernah terjun ke dalam cryptocurrency pasti mengenal apa itu yang disebut dengan blockchain. Ya, betul. Perangkat ini berhubungan erat dengan mata uang crypto yang beberapa tahun ini menjadi viral.

Bahkan, banyak orang tergiur atas keuntungan yang bisa didapat cryptocurrency sehingga membabi-buta membelinya. Padahal sebelum berinvestasi selalu disarankan untuk mempelajari dasar dari aset tersebut.

Karena itu, sebelum untuk melakukan investasi pada crypto, maka ada baiknya mempelajari apa saja yang terkait dengan mata uang digital tersebut.

Mengenal Blockchain

Cryptocurrency tak pernah lepas dari blockchain.  Rantai blok sendiri merupakan salah satu teknologi terbaru yang digunakan sebagai media untuk menyimpan berbagai macam. 

Blokchain sendiri terdiri dari 2 kata yaitu blok yang artinya bagian atau blok. Serta chain yang artinya adalah rantai. Sehingga banyak orang awam yang menyatakan sebagai rantai blok atau bagian yang saling berhubungan.

Oleh karena itu teknologi yang memanfaatkan pasti bersumber dari bagian-bagian yang harus saling berhubung. Tujuannya adalah mendapatkan data dari setiap bagian yang pada akhirnya akan mengeksekusi sebuah transaksi.

Sifat blok rantai ini unik yaitu tidak terpusat sehingga tidak ada seorangpun yang mampu mengaturnya. Karena seluruhnya dihubungkan dengan algoritma komputer yang erat hubungannya dengan matematika.

Penyimpanan data tersebut dalam bentuk digital yang berhubungan dengan kriptografi sehingga ditengarai sangat aman. Masuk di dalamnya adalah crypto Karen si yang melahirkan banyak mata uang digital belakang.

Sebenarnya tidak hanya cryptocurrency saja yang dapat memanfaatkan teknologi dari rantai blok ini. Ada banyak bidang yang juga dapat menggunakannya Terutama ketika berhubungan dengan data yang masif dan memiliki volume besar.

Penggunaan Teknologi Rantai Blok

Dikatakan bahwa bukan hanya cryptocurrency saja yang bergantung pada teknologi rantai blok. Tetapi juga ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai bidang yang yang berfokus pada pengolahan data. 

Walaupun memang pada saat ini yang banyak dikembangkan adalah penggunaan rantai blok dalam bidang finansial.  Sebab salah satu keunggulan nya adalah tidak dapat diretas oleh siapapun sehingga uang anda akan aman.

Rantai blok pada sektor keuangan di umpamakan sebagai sebuah buku kas digital yang memiliki sumber tak terbatas. Pencatatannya akan lebih rapi karena bagian itu sajalah yang akan mencatat transaksi yang terjadi.

Kendati demikian terdapat beberapa orang yang yang bisa mengakses buku kas tersebut tanpa memerlukan persetujuan dari lembaga perbankan pada umumnya. Namun dapat dikatakan bahwa proses ini sangat aman.

Pasalnya setiap catatan keluar-masuk tidak dapat diubah dengan cara apapun. Sehingga proses transaksinya lebih transparan dan aman bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Sebenarnya ini adalah berita baik karena akan menghindari terjadinya penyelewengan data serta  pencurian uang. Asal digunakan sesuai dengan porsinya tentunya akan mempermudah pihak yang berkaitan.

Keunggulan dari teknologi rantai blok dapat dinikmati oleh setiap lembaga yang terkait.  Adapun benefitnya adalah sebagai berikut:

  • Adanya proses transaksi yang aman dan transparan
  • Tidak mungkin di hack dengan cara apapun
  • Menawarkan kestabilan dari inflasi mata uang
  • Dapat digunakan sebagai penyimpanan data yang besar
  • Tidak dapat diatur oleh regulasi perbankan atau negara di mana rantai blok itu ada

Setelah mengenal blockchain yang merupakan pondasi dari cryptocurrency, maka Anda dapat melanjutkan langkah untuk mempelajari hal yang lainnya. Baru setelahnya menentukan apakah berinvestasi lebih besar lagi pada mata uang digital ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *