Apa yang Dimaksud dengan Revolusi Industri 5.0?

Apa yang Dimaksud dengan Revolusi Industri 5.0?

Kegiatan manufaktur sudah berkembang ke arah revolusi industri 5.0 yang lebih memanusiakan manusia sebagai pen penguasa teknologi. 

Perlahan tapi pasti kegiatan manufaktur sudah bergerak ke arah yang baru  dari sebelumnya yang merupakan industri 4.0 menjadi apa yang dikenal sebagai revolusi industri 5.0. Tentu saja tahapan ini menjadi proses yang sangat penting bagi mereka yang bergerak dalam bidang proses produksi.

Bukan hanya akan terjadi perubahan pondasi yang cukup mendasar dari mulai sisi sumber daya tetapi juga melibatkan pengelolaan serta delivery produk ke konsumen. Sehingga mengakibatkan adanya pembaharuan skema industri baik dari sisi produksi maupun lembaga pendidikan.

Namun masih banyak yang belum menyadari Apakah yang dimaksud dengan tahapan industri 5.0?  untuk lebih jelasnya Mari simak ulasan berikut ini tentang skala manufaktur yang sedang berkembang ini.

Apa yang Dimaksud dengan Revolusi Industri 5.0?

Era revolusi industri 5.0 merupakan kelanjutan dari zaman sebelumnya yaitu 4.0 yang lebih menitikberatkan pada pengembangan teknologi.  Berbeda dengan pada masa kini yang menitikberatkan pada keterlibatan manusia untuk mendayagunakan seluruh perangkat tersebut.

Teknologi dinyatakan dari bagian kehidupan manusia sendiri.  sehingga seluruh standar operasional yang biasanya menitikberatkan dari bagaimana mesin bekerja akan disesuaikan dengan kekurangan dan kelebihan manusia sebagai operatornya.

S1 Teknik Industri merupakan salah satu program pendidikan di lembaga pendidikan tinggi yang mempelajari tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan teknologi. Sebab memang seharusnya perangkat tersebut dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan bukan sebaliknya.

Oleh karena itu, yang wajib menjadi penguasa adalah manusia. Sementara teknologi menjadi bagian dari kehidupan. Bukan malahan menjadi pengganti perilaku manusia.

Telkom University merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki fokus untuk membekali para lulusannya sebagai ahli dalam bidang industri.  Dengan kurikulumnya yang selalu diperbaharui dan disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan bisnis tersebut, maka akan dipastikan bahwa alumnus yang merupakan tenaga kerja yang profesional.

Jika Anda tertarik untuk mendalami ilmu untuk menghadapi revolusi industri 5.0, maka cobalah untuk melihat kurikulum Teknik Industri Universitas Telkom. Segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga profesional dalam bidang manufaktur sudah disikapi dengan multidisiplin terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *