Update Apresiasi Mahasiswa (Desember)

Program apresiasi mahasiswa merupakan salah satu kegiatan di program studi (prodi) Diploma 3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi (D3RPLA), Universitas Telkom. Sebagai hal yang sejalan dengan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh kementrian pendidikan pemerintah Indonesia, program ini memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap kompetensi/skill mahasiswa D3RPLA. Kompetensi yang didapatkan dan juga dibuktikan dari kegiatan lomba, sertifikasi, dan magang akan diapresiasi menjadi nilai mata kuliah. Prodi D3RPLA membentuk tim khusus untuk melaksanakan hal ini.

Berikut update terhadap data yang sudah berubah sejak bulan Oktober dan November lalu. Pada data yang dihimpun per 8 Desember 2020, terdapat 34 mahasiswa yang sudah terdaftar dan melanjutkan kegiatan ini. Sebanyak 6 mahasiswa sudah melakukan kegiatan dan dalam proses verifikasi oleh dosen mata kuliah. Keenam mahasiswa ini melakukan apresiasi dalam bentuk sertifikasi (5 mahasiswa) dan juga magang (2 mahasiswa). Salah satu dari 6 mahasiswa, R. Fariz Insan Purnama, yang telah menjadi sorotan sejak bulan September lalu, terdaftar pada 2 apresiasi sekaligus yaitu magang dan sertifikasi.

Terdapat 4 nama mahasiswa yang menjadi sorotan kali ini, yaitu

Anipah, Billa Fathia, Muh Fuad Afdhal, Prasidya Pramadresana Saftari

Empat mahasiswa ini akan diapresiasi dikarenakan telah mendapat pengakuan berupa sertifikat penyelesaian kelas online dari lembaga terpercaya, yaitu Dicoding dan Coursera. Universitas Telkom, khususnya prodi D3RPLA juga memiliki bentuk kerja sama dengan 2 perusahaan ini. Bentuk penghargaan atau apresiasi yang akan diberikan kepada mahasiswa adalah nilai mata kuliah dari dosen pengajar kelas masing-masing.

Pada data yang diambil di bulan Desember 2020 ini, terdapat 34 mahasiswa dari angkatan 2018-2020 yang terdaftar untuk mengikuti dan melanjutkan kegiatan. Jumlah terbanyak adalah mahasiswa 2019 sebanyak 46%, diikuti oleh angkatan 2020, yaitu 31%, dan angkatan 2018 sebanyak 23%.

Untuk partisipasi mahasiswa dilihat dari kategori “jalur apresiasi”, apresiasi terhadap sertifikasi mendapat jumlah terbanyak, yaitu sebesar 71%, diikuti oleh magang (20%) dan kompetisi (9%).

Data di atas dapat dilihat lebih lengkap di laman trello apresiasi kompetensi prodi D3RPLA Universitas Telkom.

Salam… Cita Mulia, Citra Mulia, Karya Mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *