[Comm Service] Web Katalog Salimah Kossuma

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari kegiatan tridarma dosen. Sebagai bagian dari kegiatan tridarma, dosen program studi (prodi) D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi — D3RPLA (d/h D3 Teknik Informatika), membentuk beberapa kelompok dan bekerja sama dengan mitra untuk mewujudkan kegiatan ini.

Beberapa waktu yang lalu, 2 kelompok dari prodi D3RPLA Universitas Telkom bekerja sama dengan Salimah Kossuma (Koperasi Syariah Usaha Salimah) Kota Bandung untuk membuat web katalog. Web ini diperuntukkan agar Kossuma dapat melakukan usaha jual beli dengan dukungan IT di tengah masa pandemi.

Ketua pelaksana masing-masing kelompok adalah Ibu Cahyana dan Bapak Reza Budiawan. Anggota dari setiap kelompok adalah Ibu Hetti Hidayati, Ibu Ratu Ratna (D3 Perhotelan), Bapak Dahliar Ananda dan Bapak Hariandi Maulid. Kedua kelompok berkolaborasi untuk membuat web, sekaligus melakukan pelatihan untuk instalasi dan konfigurasi nantinya di cloud hosting.

Pada tahap ini, pertemuan dengan Kossuma telah dilakukan dengan memperlihatkan mockup dari web katalog ini. Sekaligus konsultasi untuk instalasi di web hosting seperti penggunaan domain dan juga biaya yang dikeluarkan nantinya. Menyesuaikan dengan kondisi pandemi, pertemuan dilakukan via Google Meet dan dilakukan sesi tatap muka untuk mendengarkan pendapat dari Kossuma Salimah.

Pertemuan ini dilaksanakan tanggal 30 Mei 2020 yang lalu.

Banyak hal yang dibicarakan pada pertemuan ini, dan diskusi dilanjutkan dalam WA Group.

Semoga kerjasama ini membawa kebaikan bersama untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam meningkatkan dan menyesuaikan kondisi masyarakat saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *