Pameran Produk IoT Mahasiswa D3RPLA

Pada tanggal 10 Desember yang lalu, mahasiswa prodi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi (D3RPLA), Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, melakukan pameran produk Internet of Things (IoT) yang dibuat pada mata kuliah Pemrograman Berbasis Sensor.

Dosen dari mata kuliah ini yaitu Bapak Fath’ah Nur P. dan Ibu Mia Rosmiati. Dengan bimbingan bapak dan ibu dosen di kelas dan juga asisten praktikum mata kuliah, angkatan 41 menuangkan ide mereka dan membentuk sebuah prototipe (alat sederhana) yang berbasis embedded system.

Banyak ide yang dibuat oleh mahasiswa angkatan 41 yang terbagi ke dalam lebih dari 20 kelompok mahasiswa. Ada yang membuat alat berupa jemuran “pintar”, listrik “cerdas”, sensor parkir mobil, alat pembantu untuk bercocok tanam, dan hal lainnya.

Jemuran “Pintar”

Alat di atas merupakan jemuran pintar yang akan memasukkan jemuran ke area yang memiliki atap ketika cuaca hujan, dan mengeluarkannya ketika cuaca memungkinkan untuk menjemur pakaian. Pintar yah..

Sensor Parkir Mobil

Alat di atas, sebenarnya tidak terlalu spesial. Dapat ditemukan di keseharian, yaitu tentang sensor yang mendeteksi jarak ketika driver melakukan parkir mobil. Seperti biasa, ada tingkat dari setiap jarak yang terbentuk, dan bunyi yang dihasilkan. Cukup biasa. Akan tetapi, cara mempresentasikannya dan membuat prototipe-nya cukup rapi dan cukup pantas untuk mendapat acungan jempol dari peserta yang melihatnya.

Hal di atas, merupakan 2 contoh dari alat yang dipamerkan, dan ada berbagai alat lain yang berguna di keseharian, baik secara umum ataupun secara khusus.

Itulah keseruan mahasiswa D3RPLA di pameran produk IoT yang diselenggarakan oleh mahasiswa D3RPLA angkatan 41 dan dosen-dosennya. Keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *