TI dalam Era Industri 4.0

Pada tanggal 27 Agustus 2019 yang lalu, program studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi (d/h D3 Teknik Informatika), Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom mengadakan kuliah umum dengan topik “Teknologi Informasi untuk menghadapi Era Industri 4.0”. Pembicara dari kuliah umum ini adalah GDP Labs. GDP Labs merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak dan digital yang didirikan sejak tahun 2012 berpusat di Jakarta, memiliki 5 remote office di Bandung, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya.

Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Telkom University.

Acara berikutnya adalah pemaparan dari GDP Labs. Setelah sebelumnya mengajak perwakilan mahasiswa untuk naik panggung dan meminta pendapatnya, GDP Labs menjelaskan tentang industri 4.0. Setelahnya menjelaskan tentang peran-peran seseorang di dunia IT. Ada berbagai peran yang dijelaskan, yaitu: Software Engineer, System Engineer, AI Engineer, Data Analyst, dan Product Manager.

Rangkaian acara tidak berhenti sampai di sana, ada pula tanya jawab dari peserta kepada GDP Labs.

Lalu dilanjutkan dengan pertemuan perwakilan mahasiswa dan dosen program studi D3RPLA. Di sini, mahasiswa menyalurkan aspirasi mereka dengan memberikan masukan dan menanyakan proses yang terjadi di program studi.

Acara berlangsung rapi dan teratur, semoga dengan acara ini makin memperkuat eratnya ikatan antara civitas academica di program studi D3RPLA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *