[Comm Service] Media Ajar berbasis Augmented Reality

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Sejalan dengan program wajib belajar 12 tahun mewajibkan setiap anak usia sekolah untuk menempuh pendidikan mulai dari SD, SMP sampai SMA. Agar proses belajar mengajar di sekolah sebagai institusi pendidikan dapat berjalan dengan baik, perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kualitas guru-guru, serta peningkatan kualitas sistem pembelajaran di sekolah tersebut melalui pelatihan-pelatihan.

Peningkatan kualitas sistem pembelajaran dapat dilakukan dengan adanya pemuktahiran metode pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian para siswa. Guru-guru di sekolah pun dituntut untuk lebih kreatif dalam mempersiapkan pembelajaran sehingga dapat dapat terjadi pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien.

Untuk mendukung hal ini, D3 Rekayasa Perangkat Lunak mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pembangunan media ajar berbasis Augmented Reality (AR).

Pada kesempatan kali ini, D3RPLA bekerja sama dengan MTS Miftahul Huda. Teknologi yang digunakan untuk pembangunan media ajar adalah Aplikasi Assemblr.

Kegiatan ini diselenggarakan tanggal 11 Mei 2020 lalu dengan ketua pelaksana Ibu Rizza Indah Mega Mandasari, dan pemateri Bapak Fath’ah Noor Prawita. Selain itu, Bapak Reza Budiawan juga tercatat sebagai anggota dari kegiatan ini. Pada kegiatan ini, peserta dari MTS Miftahul Huda menghasilkan media ajar berbasis AR. Berikut adalah hasil aplikasi dari kegiatan ini.

Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi MTS Miftahul Huda dan juga Universitas Telkom, terutama prodi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi.

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

76 − 75 =