Home » Sertifikasi : Tujuan dan Manfaat

Sertifikasi : Tujuan dan Manfaat

Sertifikasi Tingkat bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengakuan yang bisa dipakai di dunia kerja khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Sertifikasi Tingkat akan mengantarkan  lulusan  menjadi  ahli  serta  trampil  dalam merancang,  membangun,  memelihara  dan  memperbaiki  sistem di bidang IT yang dihargai  di  dunia  dan  secara umum telah menjadi standar recruitment perusahaan IT .

Manfaat dengan adanya Sertifikasi Tingkat yaitu :

1.Percepatan lulusan diterima kerja dapat terus meningkat.

Pemenuhan kompetensi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan pasar melalui Sertifikasi Tingkat akan menyebabkan lulusan cepat mendapatkan kerja. Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian akreditasi prodi pada poin 3.4.3 yaitu “Masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan pertama”. Poin tersebut akan dinyatakan sangat baik jika prodi memiliki rata-rata masa tunggu lulusan < 6 bulan.

2.Tingkat kepuasan pengguna lulusan (industri)

Manfaat lain dengan adanya Sertifikasi Tingkat yaitu kepuasan pengguna terhadap mutu lulusan mengalami peningkatan. Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian akreditasi prodi pada poin 3.4.1.3 yaitu “Pendapat pengguna (employer) lulusan terhadap mutu alumni”. Poin tersebut akan dinyatakan sangat baik jika prodi mendapatkan skor 24-28 untuk 7 parameter penilaian alumni, yaitu : integritas (etika dan moral), keahlian berdasarkan bidang ilmu (kompetensi utama), bahasa inggris, penggunaan teknologi informasi, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri