Home » Semester 1 – Kurikulum 2016

Semester 1 – Kurikulum 2016

Semester I

DPH1E4         Implementasi Algoritma / Algorithm Implementation

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar algoritma dan implementasinya berupa pemrograman dalam bahasa C++. Bahasannya mencakup tipe data, percabangan, perulangan, array, fungsi/prosedur, pengurutan dan pencarian. Mata kuliah ini memberikan dasar pemrograman yang diperlukan bagi tahapan selanjutnya.

Bagian ini berisi paragraf yang berisi silabus 40 kata untuk mata kuliah pertama.

 

This course provides introduction to algorithm and its implementation in C++. It covers data type, branching, looping, array, function/ procedure, sorting and searching. It also provides necessary basic knowledge of programming for the next phase

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Data Structures and Algorithms in C++ 2nd Edition, Michael T. Goodrich, Roberto Tamassia, David M. Mount, 2011
  2. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Edisi revisi), Rinaldi Munir, 2011
  3. Algoritma Pemrograman C++ Dalam Ilustrasi, YM Kusuma Ardhana, S.T. & Gregoris Airlangga, 2011
  4. Algoritma & Pemrograman Menggunakan C & C++, Abdul Kadir, 2012
  5. Data Structures and Algorithms in C++ 2nd Edition, Michael T. Goodrich, Roberto Tamassia, David M. Mount, 2011

 

DCH1B3         Konfigurasi Perangkat Keras Komputer / Hardware Configuration

Mata kuliah ini membahas tentang perangkat keras komputer, mulai dari sejarah perkembangan perangkat keras komputer, rangkaian logika, komponen komputer, aritmatika komputer,  komponen prosesor, cara kerja prosesor, set instruksi, memori, piranti masukan dan keluaran.

Mata kuliah ini memberikan kemampuan memahami cara kerja komputer dan komponennya serta cara pemasangannya.

 

This course provides introduction to computer hardware, begin from the historical development of computer hardware, logic circuits, computer components, computer arithmetic, processor components, the workings of the processor, the instruction set, memory, input and output devices.

This course provides the ability to understand the workings of the computer and its components as well as its installation.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Computer Architecture and Organization, Subrata Ghosal, 2011
  2. Digital Design and Computer Architecture, 2nd Edition, David Harris; Sarah Harris, 2012
  3. Upgrading and Repairing PCs (22nd Edition), Scott Muellers, 2015
  4. How Computers Work: The Evolution of Technology, Ron White, Timothy Edward Downs, 2014
  5. Structured Computer Organization, 6th edition, Andrew S. Tanenbaum, 2012

 

 

DPH1F3         Logika Matematika Terapan / Applied Mathematical Logic

Logika Matematika Terapan mengajarkan Teori Himpunan, memahami Aljabar dan Ekspresi Boolean, Kalkulus Proposisi, menentukan nilai kebenaran kalimat majemuk, penarikan kesimpulan sekumpulan kalimat, Kalkulus Predikat, menentukan nilai kebenaran, penggunaan PROLOG aplikasi Kalkulus predikat, Matematika Induksi sebagai metode pembuktian secara matematis.

 

Applied Mathematical Logic provides  set Theory, Expression Boolean and Algebra, Calculus proposition, determining the truth value of compound sentences, concluding a set of sentences, Predicate Calculus, determining the value of truth, the use of Prologue application predicate calculus, Mathematical induction as a the method of proving mathematically.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Matematika Diskrit, Danny Manongga, Penerbit Prenanda Media, Juni 2013
  2. Matematika Diskrit Ed.Revisi ke-5, Rinaldi Munir, Informatika, 2012
  1. Discrete Mathematic and Its Applications 7th edition, Rosen Kenneth H., McGraw Hill International Editions, 2011
  2. Matematika Diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer, Drs. Jong Jek Siang, M.Sc., edisi ke-4, Penerbit Andi, 2009
  3. Matematika Diskrit 1, Seymor Lipschutz, Ph.D., Marc Lars Lipson, Ph.D., Penerbit Salemba Teknika, 2011

 

DPH1G3         Pengantar Desain Web / Introduction to Web Design

Mata kuliah ini memberikan penguasaan merancang dan membangun web statis memanfaatkan teknologi skripting HTML, XHTML, HTML5, CSS, dan JavaScript. Diawali dengan materi perencanaan dan desain halaman web yang tepat, dilanjutkan dengan format, styles, forms, image, audio-video, client-side scripting dan mobile web.

 

This course gives mastery of designing and building a static web scripting utilizing HTML, XHTML, HTML5, CSS, and JavaScript technology. It starts with the appropriate web pages planning and design materials , then it is followed by advanced materials including web format, styles, forms, images, audio-video, client-side scripting and mobile web.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Ed Tittle, Jeff Noble, HTML, XHTML & CSS for Dummies, 7th Edition, Willey Publishing, 2011
  2. David Geary, Core HTML5 Canvas, Prentice Hall, 2012
  3. Jennifer Kyrnin, Sams Teach Yourself–HTML5 Mobile Application Development, SAMS, 2012
  4. Lyza Danger Gardner, JasonGrigsby, Head First Mobile Web, O’reilly, 2012
  5. Joshua O Connor, Pro HTML5 Accessibility–Building Inclusive Web, Apress, 2012

 

DIH1B2          Alat Bantu Gambar Digital untuk Antarmuka Aplikasi / Digital Drawing Tools for Interface Application

Mata kuliah ini  memberikan pemahaman dan keterampilan pemakaian tools grafis  seperti adobe photoshop dan adobe illustrator untuk menunjang kegiatan seperti: User Interface Design, logo, animasi, game, level design, character design, pemberian tekstur dan material shader pada karakter 2D maupun 3D.

 

This course provides an understanding and skill of using graphical tools such as Adobe Photoshop and Adobe Illustrator to support some activities such as: User Interface Design, logos, animations, games, level design, character design, texturing and shader material in 2D and 3D characters.

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Hendi Hendratman ST, The Magic of Adobe Photoshop, Informatika, 2010
  2. Amir Fatah Sofyan, Tony Hidayat, KOMPUTER GRAFIS: Image Editing, Graphic Design dan Page Layout, 2008
  3. Adobe Photoshop CS6 classroom in a book. The Official Training workbook from Adobe Systems, 2012
  4. Adobe Illustrator CS6 classroom in a book. The Official Training workbook from Adobe Systems, 2012
  5. Dayley, Lisa Danae,. Dayley, Brad., Adobe Photoshop CC BIBLE The Comprehensive Tutorial Resource, John Wiley & Sons, Inc., Indianapolis, Indiana, 2014

 

DUH1A2        Literasi TIK

Literasi TIK membahas dan mempraktekkan kompetensi literasi TIK. Dimulai dengan membahas dasar dan komponen TIK, kemudian akan berfokus pada kompetensi literasi TIK yang meliputi analisa kebutuhan informasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Kemudian melakukan penemuan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien dan melakukan evaluasi terhadap informasi  yang dihasilkan dan proses penemuannya. Informasi kemudian akan disimpan dan dikelola. Dilanjutkan dengan proses membangun konsep baru atau membuat  pemahaman baru dari informasi yang ada. Selain itu juga akan dipelajaripenggunaan informasi dengan pemahaman dan mengakui budaya, etika, ekonomi, masalah hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi.

 

ICT  literacy  discusses  and  practices  ICT  literacy  competencies.  It  starts  by discussing  basic  and  components  of  ICT,  then  will  focus on  ICT  literacy competencies  which  include  the  analysis  of  information needs  to  solve  a problem.  Then  the  next  step  searchs  the  needed  information  effectively and  efficiently and  to  evaluate  the information  produced  and the  process of discovery. The information will then be stored and managed. Continued with the process of building a new concept or create a new understanding of   the   information.   It   also   will   study   the   use   of   information   by understanding   and   recognizing   cultural,   ethical,   economic,   legal,   and social surrounding the use of information.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Information Literacy Competency Standards for Higher Education, American Library Association, 2000
  2. Framework for  Information  Literacy  for  Higher  Education,  The  Association  of  College  &  Research Libraries, 2015
  3. Modul Praktikum Aplikasi Perkantoran dan Pencarian Informasi, Tim Penulis Modul Praktikum S1 Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Telkom, 2015
  4. California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework, 2008
  5. Australian and New Zealand Information Literacy Framework: principles, standards and practice, second edition, Australian and New Zealand Institute for Information Literacy, 2004
  6. John Gordon  ,  Creating  Knowledge  Maps  by  Exploiting  Dependent  Relationships  ,  ,  in:  Knowledge Based Systems, Vol13 (April 2000), pages 71 – 79

 

  1. Elsevier Science ,Novak, J. D. & A. J. Cañas, The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use  Them,  Technical  Report  IHMC  CmapTools  2006-01  Rev  01-2008,  Florida,  Institute  for Human and Machine Cognition, 2008
  2. Walraven, ,  Brand-Gruwel,  S.,  &  Boshuizen,  H.P.A.  (2009).  How  students  evaluate  sources  and information when searching the World Wide Web for information. Computers and Education  25 (1), 234-246

 

 

HUH1A2        Pendidikan Agama Islam dan Etika

Mata  kuliah  pendidikan  agama  dan etika islam  merupakan  mata  kuliah  universitas yang memiliki kompetensi dasar pemahaman bagi mahasiswa yang diharapkan mampu berfikir rasional, bersikap dewasa  dan  dinamis,  berpandangan  luas,  berkomitmen  kuat  dan  melaksanakan  ajaran  Islam secara utuh, serta  mampu melaksanakan proses belajar sepanjang hayat untuk menjadi ilmuwan dan profesional yang berkepribadian Islami yang menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaqan dalam kehidupan

 

The religion of Islam education and ethics is the university subject that have a basic competencies of understanding for students who are expected to rational thinking, mature and dynamic, broad-minded,  strong  commitment  and  implement  the  teachings  of  Islam  as  a  whole,  and  be  able  to implement  a  lifelong  learning  process  to  be  a  scientists  and  professional  personality  that  upholds Islamic values of humanity in life

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahannya.
  2. Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Departemen Agama RI. 2004.
  3. Materi Instruksional: Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jakarta Miftah Faridl. 2004. Pokok-pokok Ajaran Islam. Bandung : Pustaka

 

HUH1B2        Pendidikan Agama Kristen dan Etika

Mata   kuliah   pendidikan   agama   dan   etika   kristen   merupakan   mata   kuliah   universitas   yang menitikberatkan  pada  ilmu  Ketuhanan  dan  etika  kristen  yang  meliputi  konsep-konsep  keilmuan mengenai  1)tritunggal,  2)manusia,  3)keselamatan,  4)iman,  5)dosa,  6)pertobatan,  7)kasih,  serta 8)etika kristen yang meliputi pergaulan pra-nikah, pornografi, dan okultisme.

 

The  religion  of  Christian  education  and  ethics  is  the  university  subject  thathave  focus  on  the science  of  Christian  Divinity  and  ethics  which  cover  the  concepts  of  knowledge  regarding  1)  the trinity, 2) human beings, 3) safety, 4) faith, 5) sin, 6) conversion, 7) love, and 8) Christian ethics that includes pre-marital promiscuity, pornography, and occultism.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Alkitab
  2. Theol.Dieter Becker. “Pedoman Dogmatika” , 2014
  3. G.C van Niftrik & Dr.B.J.Boland . “Dogmatika Masakini”, 2013
  4. J.Verkuyl . “Etika Kristen Bagian Umum”, 2014
  5. Phil.Eka Darmaputra . “Etika Sederhana Untuk Semua”, 2014
  6. Dorothy I.Marx . “Itu ‘Kan Boleh?” , 19…
  7. Prof.Dr.Ir.Bambang Yudho, M.Sc, MA, Ph.D . “How To Overcome Occultism?” , 2006
  8. Craig S.Hawkins . “Seluk Beluk Sihir”, 2015

 

 

HUH1C2        Pendidikan Agama Katolik dan Etika

Mata   kuliah   pendidikan   agama   dan   etika   katolik   merupakan   mata   kuliah   universitas   yangdiharapkan  mampu  membentuk  mahasiswa  yang  beriman  kepada  Allah  menurut  pola  hidup  Yesus Kristus   dengan   senantiasa   mempertanggung-jawabkan   imannya   dalam   hidup   menggereja   dan memasyarakat.  Mata  kuliah  ini  secara  garis  besar  meliputi  pemahaman-pemahaman  mengenai manusia, agama, Yesus, dan gereja.

 

The  religion  of  catholic  education  and  ethics  is  the  university  subject  that  is  expected  to  form  the students who believe in Allah according to the lifestyle of Jesus Christ by continuing account for his faith  in  life  of  the  Church  and  socialize.  This  subject  is  primarily based  on  the  understanding  of human, religion, Jesus, and the church.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Alkitab deuterokanonika, Lembaga Biblika Indonesia, Ende, Flores, NTT, 2001
  2. YouCat (Youth Cathecism Katakese Orang Muda), Kanisius, 2012
  3. Katekismus Gereja Katolik (KGK), Ende, Nusa Indah,
  4. Dokumen Ajaran Sosial Gereja (DokPen KWI),
  5. Katolik: Buku Informasi dan Referensi, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Kanisius, Yogyakarta, 1997
  6. Kristologi Sebuah Sketsa (Niko Syukur Dister, OFM), Yogyakarta, 1987
  7. Catholic Way, Mgr. Ign. Suharyo, Pr., Pendidikan Agama Katolik, Ign. Ismartono, SJ, Jakarta, Obor, 1993

 

HUH1D2        Pendidikan Agama Hindu dan Etika

Mata kuliah pendidikan agama dan etika hindu merupakan mata kuliah universitas yang mendorong mahasiswa untuk mampu menunjukkan sikap religius, kemanusiaan dan sosial,  serta takwa kepada Tuhan  Yang  Maha  Esa  melalui  pembelajaran  berbagai  kajian  yang  meliputi 1)ilmu  pengetahuan, filsafat,  dan  agama,  2)etos  kerja  dalam  hindu,  3)  Weda  sabda  suci  Tuhan  sumber  ajaran  hindu, 4)Teologi  Hindu,  5)catur  purusa  artha  dan  catur  asrama,  6)Sosiologi  hindu,  7)sumber  dan  dasar-dasar etika hindu, 8)yajna dan bhakti, serta 9)kepemimpinan hindu.

 

The  religion  of  Hindu  education  and  ethics is  the  university  subject  that  encourage  students  to  be able  to  demonstrate  an  attitude  of  religious,  humanitarian,  social,  and  piety  to  God  Almighty through various learning studies include 1) science, philosophy, and religion, 2) work ethic in hindu, 3)  Weda  the  holy  God  words  of  the  teachings  of  Hindu,  4)  the  theology  of  Hindu,  5)  catur  purusa artha and catur asrama, 6) The Sociology of hindu, 7) sources and foundations of Hin du’s ethics, 8) yajna and bhakti, and 9) leadership of Hindu.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Buku Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi, 2015
  2. Buku Weda Sabda Suci, 2015
  3. Buku Bhagawad Gita, 2015
  4. Buku Manawa Dharma Sastra, 2015
  5. Buku Sarasamuscaya, 2015
  6. Buku Slokantara, 2015
  7. Buku Niti Sastra, 2015
  8. Buku Catur Weda Samhita, 2015

 

HUH1E2        Pendidikan Agama Budha dan Etika

Mata   kuliah   pendidikan   agama   dan   etika   budha   merupakan   mata   kuliah   universitas   yang memotivasi   mahasiswa   dengan   pemahaman   dalam   berketuhanan   Yang   Maha   Esa   dengan memahami  berbagai  keilmuan  budha  yang  meliputi  1)teologi  Ketuhanan Yang  Maha  Esa,  2)ilmu mengenai  manusia,  3)  Agama,  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni,  4)Kerukunan  antar  umat beragama, serta 5)agama dalam kehidupan politik dan hukum

 

The  religion  of  Buddha  education  and  ethics  is  the  university  subject that  motivate  the  students with an understanding of the God Almighty to understand the science of Buddha which include 1) theology on God,  2) the science of man, 3) Religion, science,  technology, and the arts, 4) religious harmony, and 5) the religion in life of political and law

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Dhamma Sari, 2015
  2. Maha Parinibbana Sutta, 2015
  3. Jataka, 2015
  4. Widyadharma. Intisari Agama Budha, 2013

 

 

HUH1F2        Pendidikan Agama Kong Hu Cu dan Etika

Tujuan pendidikan Agama Khonghucu ini adalah agar mahasiswa mendapatkan informasi yang benar tentang Agama Khong hu cu, mengerti, memahami, dan mengambil intisari ajaran Agama Khonghucu yang bersifat universal sehingga mahasiswa diharapkan dapat mengamalkan di dalam kehidupan supaya menjadi seorang Kuncu (Berbudi Luhur), mempunyai budi pekerti luhur dan akhlak yang tinggi, mempunyai etika yang tinggi berdasarkan Cinta Kasih, Kebenaran, Susila, Bijaksana, dan dapat dipercaya yang pada akhirnya dapat menjadi masyarakat yang baik dan dapat membangun Bangsa dan Negara Indonesia.

 

The aim of education Confucianism is that students get the correct information about Confucianism, understand, and take the essence of the teachings of Confucianism that is universal so that students are expected to practice in life to become a Kuncu (Virtuous), has a noble character and morals high, have high ethical by Love, Truth, Vice, Wisdom, and trusted that eventually can become a good community, and to build the Nation Indonesia.

 

Daftar Pustaka – Bibliography

  1. Hadakusuma, Hilman, S.H. (1993). Antropologi Agama. Bandung: PT Citra Adya Bakti.
  2. Mathar, Qasim. (2005). Sejarah Teologi dan Etika Agama-Agama. Yogyakarta: Dian/ Interfidai.
  3. Nahrawi, Nahar. (2003). Memahami Kong Hu Cu sebagai Agama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.