Home » Proyek Tingkat 2

Proyek Tingkat 2

Definisi

Mata kuliah Proyek Tingkat II adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar dapat mencapai kompetensi pada tingkat II melalui kerja nyata berupa pengerjaan Proyek dengan spesifikasi Proyek sesuai dengan kompetensi mahasiswa Tingkat II atau selevel Diploma II.

Sasaran Kompetensi

Kompetensi yang diharapkan dari Mata Kuliah Proyek Tingkat II adalah :
1.Mampu menyelesaikan tugas berlingkup luas dan kasus spesifik dengan menganalisis informasi secara terbatas, memilih metode yang sesuai dari beberapa pilihan yang baku, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
2.Menguasai beberapa prinsip dasar bidang keahlian tertentu dan mampu menyelaraskan dengan permasalahan faktual di bidang kerjanya
3.Mampu bekerjasama dan melakukan komunikasi dengan baik, menyusun laporan tertulis dalam lingkup terbatas, dan memiliki inisiatif.
4.Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas kuantitas dan mutu hasil kerja orang lain.

Targetan Proyek Tingkat II

               1.Bentuk Proyek
Berdasarkan komposisi Mata kuliah yang telah dilalui selama Semester 1 s.d 3 dan sasaran kompetensi yang ingin dicapai, maka bentuk Proyek tingkat II adalah Proyek pembuatan aplikasi desktop yang dapat melakukan pengolahan basis data sederhana.
               2.Softskill
Pada proyek tingkat II, softskill yang diharapkan terbangun pada mahasiswa adalah :
    1.Kejujuran
    2.Time Management
    3.Be a Leader
    4.Berinovasi
    5.Berinisiatif

Mata Kuliah Pendukung

Berikut daftar mata kuliah pendukung Proyek Tingkat II yang dilaksanakan pada tingkat I dan Tingkat II semester Ganjil.

NO

Mata Kuliah

Capaian Kompetensi

1 Algoritma dan Pemrograman Kemampuan untuk membuat program untuk menyelesaikan permasalahan
2 Struktur Data Kemampuan untuk membuat struktur data yang sesuai dengan kebutuhan
3 Basis Data Kemampuan untuk  merancang basis data
Kemampuan untuk mengolah basis data
4 Interaksi Manusia Komputer Kemampuan untuk merancang antar muka sesuai dengan kebutuhan pengguna
5 Rekayasa Perangkat Lunak Kemampuan untuk menyusun daftar requirement pengguna perangkat lunak
Kemampuan untuk merancang arsitektur perangkat lunak sesuai user requirement
6 Pemrograman Berorientasi Obyek Kemampuan untuk membuat program dengan menggunakan konsep Object Oriented