PKM Dosen D3RPLA: Pelatihan Pemodelan Digital untuk Visualisasi 3D

PKM Dosen D3RPLA: Pelatihan Pemodelan Digital untuk Visualisasi 3D

Pelatihan Pemodelan Digital untuk Visualisasi 3D bagi Guru Produktif Sekolah Mengengah Kejuruan
(Mitra : Guru-guru SMK Telkom Bandung).
Pengabdian Masyarakat Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom

“BLENDER”  Apa yang terbersit ketika mendengar kata tersebut ? Sebagian dari kita mengaitkannya dengan sebuat alat pembuat minuman jus segar. Itulah topik Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi (D3 RPLA) Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom kali ini, Pelatihan Pemodelan Digital untuk Visualisasi 3D atau BLENDER.

Bukan mengajarkan bagaimana membuat minuman Jus, tetapi BLENDER adalah sebuah software open source (http://www.blender.org/) yang berguna untuk membuat karya Animasi 3 dimensi. Dibuka dan diterima oleh Kaprodi D3 RPLA sekaligus ketua pelaksananya, sekitar 20 orang perwakilan guru dengan antusias mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 17 November 2018 oleh Tim Abdimas D3 RPLA Universitas Telkom yang terdiri dari dosen dan dibantu oleh mahasiswa. “Ini Penting untuk menambah skill dan kompetensi guru-guru” seperti diungkapkan oleh Rahmadi Wijaya, S.Si., MT. selaku Kaprodi D3 RPLA. “Sudah menjadi kewajiban pihak sekolah untuk memberikan yang terbaik bagi guru agar kelak dapat memberikan yang terbaik khususnya ilmu multimedia ke siswa-siswa nya” lanjutnya. Kerjasama ini menurut Rosyanto, S.Pd., M.Pd. selaku Kaprodi Jurusan Multimedia SMK Telkom Bandung akan terus dilanjutkan, harapannya adalah bagaimana membuat kualitas dan kompetensi pendidikan guru SMK semakin meningkat. Dosen dan guru sebagai elemen bangsa memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mensukseskan pendidikan nasional, dalam program pengabdian masyarakat inilah peran tersebut direalisasikan.

Pelatihan selama 1 hari berlangsung mengasyikan, berbagai door prize menarik serta bahan pembelajaran telah disiapkan oleh tim Abdimas. Guru diajak untuk mengenal apa itu BLENDER, lalu kemudian para guru diajak untuk membuat sebuah model 3 dimensi dan membuatnya bergerak. Seluruh guru dapat menikmati jalannya pelatihan terlihat dari antusiasme mereka dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan kasus yang diberikan. “Mudah-mudahan ada lagi pelatihan yang seperti ini, membantu kami meningkatkan wawasan dan kemampuan” ujar salah seorang peserta pelatihan. Semoga pengabdian masyarakat ke depan dapat menghadirkan dampak signifikan bagi pendidikan.

Penulis :

Rahmadi Wijaya, S.Si., MT.
Dosen Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Fakultas Ilmu Terapan
Universitas Telkom
Cita Mulia – Citra Mulia – Karya Mulia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 8 =