Seminar dan Rekruitasi PT.Xsis

Seminar dan Rekruitasi PT.Xsis

ASEAN Economic Community (AEC) atau pasar bebas asia Tenggara akan diberlakukan mulai akhir tahun 2015, Indonesia diprediksi akan membutuhkan sekitar 6 juta orang tenaga ahli teknologi informasi yang mumpuni dalam dunia kerja. Sementara ketersediaan tenaga kerja pada sektor tersebut diperkirakan baru mencapai 4 juta orang. Hal ini diperburuk dengan kenyataan bahwa masih banyak lulusan sarjana maupun diploma IT di Indonesia yang masih belum siap memenuhi kebutuhan Industri.

Teknologi yang sangat cepat berkembang berpengaruh kepada kebutuhan yang dinamis di industri baik dari sisi teknologi maupun skill atau kompetensi yang harus dimiliki oleh calon tenaga kerja. Perkembangan ini sulit dikuti oleh dunia pendidikan dengan menggunakan kurikulum yang ada tanpa melibatkan pihak industri.

Program Studi D3 Teknik Informatika Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom  telah membentuk tim kerja sama untuk melakukan inisiasi kerja sama dengan industri. Salah satu yang sudahdilakukan adalah dengan PT. XSIS Mitra Utama, perusahaan layanan IT berbasis di Jakarta, untuk membuat program campus recruitment melalui proses pre-bootcamp dan bootcamp. Dalam hal ini pihak program studi bertindak sebagai penyedia sumber daya manusia baik mahasiswa maupun alumni program D3 Teknik Informatika, sedangkan PT. XSIS bertindak sebagai penyaring dan penerima sumber daya manusia mahasiswa ataupun alumni progam D3 Teknik Informatika, Universtas Telkom.

Pre-bootcamp dan bootcamp merupakan program pelatihan yang dilaksanakan untuk menyiapkan calon tenaga bidang IT yang handal sesuai dengan kebutuhan industri. Selain mendapatkan pengetahuan dasar teori mahasiswa/alumni dibekali dengan real world scenario and case study serta akan diarahkan sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Langkah awal dari kegiatan kerja sama ini adalah sosialisasi program campus recruitmen dan pre-bootcamp melalui kegiatan mini seminar yang dilaksanakan pada hari Rabu 18 Maret 2015 bertempat di Aula Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Diharapkan dari hasil seminar ini mahasiswa dapat termotivasi dan mengetahui contoh nyata pekerjaan di bidang IT serta apa saja yang harus dipersiapkan baik hardskill maupun softskill, dan memahami proses rekrutmen di PT. XSIS beserta program pre-bootcamp dan bootcamp yang pada akhirnya bermuara pada keberhasilan mereka untuk direkrut sebagai karyawan.

Dari sisi prodi hal ini dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang akan berimplikasi positif pada tingkat keterserapan lulusan oleh pengguna dan mempersingkat waktu tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 3