Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Proyek Akhir

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Proyek Akhir

Proyek Akhir (PA) merupakan matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa prodi D3 Teknik Informatika di tingkat III. Agar mahasiswa memperoleh gelar sarjana muda-nya (A.Md), maka mahasiswa harus lulus dalam MK tersebut. Pengambilan matakuliah PA dilaksanakan di semester Genap tiap tahun akademik dengan beban 3 SKS.

Tim PA adalah satuan tugas yang dibentuk prodi untuk membantu persiapan, pelaksanaan, dan monitoring kegiatan PA agar target lulus tepat waktu dapat dicapai. Tim PA yang dibentuk awal semester genap 2014, beranggotakan 7 dosen prodi dengan tugas utama adalah :
1. Membantu mahasiswa dalam mempersiapkan proposal PA
2. Merekomendasikan dosen pembimbing 1 dan 2, dari setiap kelompok PA mahasiswa
3. Menyediakan bantuan teknis yang dibutuhkan kelompok PA mahasiswa
4. Melakukan monitoring dan evaluasi pengerjaan PA dari setiap kelompok PA
5. Mempersiapkan pelaksanaan sidang PA
6. Merekomendasikan dosen penguji sidang PA
7. Memeriksa kelengkapan artefak PA di CD

Sesuai dengan tugas Tim PA no 4 tersebut, pada tanggal 07 Maret 2015 bertempat di Ruang Multimedia FIT dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pengerjaan PA (yang pertama). Sebagai reviewer, dilibatkan semua anggota tim PA. Masing-masing reviewer harus melihat pencapaian kinerja 5-6 kelompok PA. Hal-hal yang harus diperiksa oleh tim PA :
1. Deskripsi sistem,
2. Fungsionalitas final,
3. Fungsionalitas yang sudah didevelop,
4. Prosentase pengerjaan,
5. Artefak PA lainnya yang sudah dikerjakan,
6. Permasalahan yang dihadapi,
7. Rencana kegiatan selanjutnya,
8. Rekomendasi solusi dari tim PA untuk mempercepat pengerjaan,
9. Status AMAN / TIDAK AMAN jika melihat pencapaian saat ini

PA

Dengan kesembilan hasil pemantauan tersebut, diharapkan menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan warning bagi kelompok PA serta dosen pembimbingnya.
Dari 34 kelompok PA yang direview, hanya beberapa kelompok saja yang dinyatakan berstatus AMAN. Ini menandakan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh kelompok PA dan dosen pembimbing, agar dapat sidang dengan aman di tanggal 04 Juni 2015.

 

Pada bulan April dan Mei, masih akan dilakukan monitoring dan evaluasi lanjutan oleh Tim PA. Semoga pencapaian pengerjaan PA sudah lebih baik lagi. Aamiin.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 + = 92